Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Partai Damai Sejahtera Bergabung dengan PAN

Written By Blogger on Senin, 11 Februari 2013 | 22.23


Partai Damai Sejahtera akan menjalin koalisi dengan Partai Amanat Nasional pada Pemilu 2014. Penyatuan dua partai ini bertujuan untuk merawat konstituen dan menyalurkan aspirasi politiknya.

"PAN menghargai pluralitas dan kemanusiaan," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN, Viva Yoga Mauladi, melalui pesan pendek, Selasa, 12 Februari 2013. Menurut Viva, PAN tidak membedakan agama, suku, etnis, budaya, dan jenis kelamin. "Jadi masuknya PDS sesuai dengan platform PAN," kata dia.

Viva menjelaskan, penyatuan ini bertujuan untuk menyatukan kekuatan politik. Menurut dia, partai-partai ini memiliki kesamaan perjuangan, yaitu untuk membangun Indonesia baru. "Kami ingin menambah perolehan suara di PAN nanti," kata Viva.

Sebelum menerima PDS, Partai Bintang Reformasi juga telah menggabungkan diri dengan PAN secara struktural. Penggabungan ini dilakukan mulai tingkat pusat hingga daerah. Selain dua partai ini, partai yang kemungkinan besar akan bergabung ke PAN adalan Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK) dan Partai Matahari Bangsa (PMB). (sumber: tempo.co)

Sebuah langkah strategis diambil oleh pimpinan Partai Amanat Nasional dan Partai Damai Sejahtera. Sebagai partai menengah yang menginginkan suara maksimal agar bisa mencalonkan Ketua Umumnya (Hatta Rajasa) sebagai Presiden RI, gebrakan yang dilakukan PAN melai terasa. Keinginan merubah image dari partai warga Muhammadiyah menjadi partai yang benar-benar nasionalis dilakukan dengan berbagai pendekatan terutama kepada umat beragama lain. Kegiatan natal bersama yang dilakukan di Papua serta imlek bersama merupakan langkah awal yang akan terus dilakukan.

Dan dengan bergabungnya Partai Damai Sejahtera yang dinyatakan tidak lolos sebagai partai peserta pemilu 2014 maka kenasionalisme-an Partai Amanat Nasional akan lebih diakui oleh berbagai kalangan. Meskipun ada kemungkian juga banyak kader loyal PAN yang akan hengkang terutama kader yang latarbelakang agamanya kuat.

2 komentar:

Dhiyas KN mengatakan...

Okelah kalo begitu.

Unknown mengatakan...

mencari amannya dan bisa jadi lebih mudah untuk mendapatkan kursi roda..
hihhiiii...

Posting Komentar